Strategi pelaksanaan program Ekstrakurikuler

Strategi pelaksanaan program Ekstrakurikuler, sebagai berikut:

Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang berada di luar program yang tertulis di kurikulum dan umumnya pihak sekolah menyediakan waktu satu hari untuk pelaksanaan kegiatan ini. Kegiatan ekstrakurikuler sangat berguna untuk pengembangan hobi, minat dan bakat siswa pada hal tertentu. Di sisi lain, pelaksanaan kegiatan ini merupakan suatu bentuk perhatian sekolah pada siswanya agar melakukan kegiatan yang lebih positif.

Ruang lingkup kegiatan ekstrakurikuler adalah berupa kegiatan kegiatan yang menunjang dan dapat mendukung program intrakurikuler yaitu mengembangkan pengetahuan dan kemempuan penalaran siswa membina membentuk karakter siswa,  ketrampilan melalui hobi dan minatnya serta mengembangkan sikap yang ada pada program intrakurikuler dan program kokurikuler.

Atas dasar inilah SMA Negeri 1 Payakumbuh, menyusun program ekstrakurikuler sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan, sehingga mampu mernghasilkan peserta didik yang berkarakter, memilik keterampilan dan daya saing siswa serta memiliki kemampuan intelektual tinggi, cerdas dan pintar, namun juga memiliki nilai nilai social dan spiritual yang baik sehingga mampu bersaing sesuai dengan Visi dan Misi sekolah

Kegiatan ekstra Kurikuler terdiri dari Ekrtrakurikuler Wajib, Ekstrakurikuler Pilihan dan Ekstrakurikuler Mandiri

• Kegiatan kepramukaan baik reguler maupun aktualisasi kepramukaan dilaksanakan pada kegiatan ekstrakurikuler pada hari Jumat yang di bimbing oleh pembina pramuka, dan khusus aktualisasi kepramukaan dibantu oleh anggota pramuka reguler karena kurangnya tenaga pembina yang sudah memiliki KMD.
• Kegiatan LDK dilaksanakan pada bulan kedua semester 1, saat pergantian antara pengurus OSIS lama dengan pengurus OSIS baru.
• Kegiatan lain seperti Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA), Kelompok ilmiah mata pelajaran (Matematika, Sains, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris), Seni, olahraga, cinta alam, teater, keagamaan dilaksanakan pada saat pelaksanaan ekstrkurikuler.
• Pelatihan khusus untuk prestasi dilaksanakan dengan nara sumber atau pelatih yang sudah berpengalaman sesuai dengan program dan pendanaan yang relevan, dilaksanakan menjelang kegiatan lomba atau pertandingan.